Transformasi Digital Dalam Merancang Oceanarium Strategi Jitu Menjadi Distenasi Wisata Unggulan
DOI:
https://doi.org/10.29303/sade.v3i1.56Kata Kunci:
Kata Kunci: Transformasi, Digital; Oceanarium; Strategi Terkini; Efisiensi OperasionalAbstrak
Oseanarium merupakan destinasi wisata populer di Indonesia. Artikel ini membahas transformasi digital dalam merancang oseanarium terkini. Metode penelitian melibatkan survei dan observasi ke 2 lokasi oseanarium utama di Jakarta, satu oseanarium di Singapura dan satu lagi di siam paragon Bangkok, guna mendapatkan gambaran tentang operasional, dan implementasi teknologi digital. Selain itu, penelitian ini juga mengintegrasikan pengalaman penulis sebagai desainer publik Akuarium dan selama 20 tahun sebagai pengelola di salah satu publik akuarium di kawasan Jakarta. Strategi saat ini harus menggunakan teknologi IoT untuk sistem manajemen energi pintar dan pemantauan lingkungan akuatik. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi interaktif di banyak lokasi dapat memberikan pengalaman edukasi yang menarik dan tak terlupakan bagi para pengunjung. Salah satu teknologi yang menarik dan disukai bagi pengunjung adalah penggunaan teknologi hologram, pengunjung dapat merasakan sensasi berada di dalam laut dan berinteraksi dengan hewan-hewan laut dalam lingkungan virtual yang realistis. Hal ini meningkatkan pemahaman mereka tentang kehidupan akuatik dan nilai melindungi lingkungan laut. Transformasi digital ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional oseanarium, tetapi juga memperkaya pengalaman pengunjung melalui penerapan teknologi interaktif. Dengan mengimplementasikan rencana ini, diharapkan oseanarium di Indonesia akan memperluas dan menghasilkan manfaat bagi kelestarian ekosistem laut, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang biologi biota laut, dan memberikan pengalaman berkualitas tinggi bagi pengunjung.
Referensi
Akbar, M. I., Susilo, B., & Purwandari, E. P. (2020). Implementasi Augmented Reality Flora dan Fauna Laut Kota Bengkulu Berbasis Marker Tracking Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Rekursif, 8(2).
Ameur, A., Berrada, A., & Emrani, A. (2023). Intelligent energy management system for smart home with grid-connected hybrid photovoltaic/ gravity energy storage system. Journal of Energy Storage, 72. https://doi.org/10.1016/j.est.2023.108525
Bruno, F., Lagudi, A., Barbieri, L., Muzzupappa, M., Mangeruga, M., Cozza, M., Cozza, A., Ritacco, G., & Peluso, R. (2018). Virtual Reality Technologies for the Exploitation of Underwater Cultural Heritage. In Latest Developments in Reality-Based 3D Surveying and Modelling. MDPI. https://doi.org/10.3390/books978-3-03842-685-1-10
Cudai Nur, A., Akib, H., & Niswaty, R. (2023). The Digitalization of Tourism Allows Local Governments to Reach International Tourists. Journal of Public Policy and Administration, 7(4), 147–155. https://doi.org/10.11648/j.jppa.20230704.11
Ernawati, N. M., Arjana, I. W. B., Puspita, N. P. L. A., Voda, M., & Hazra, S. (2022). Human resource development for rural tourism: a green tourism approach. International Journal of Green Tourism Research and Applications, 4(2), 50–57. https://doi.org/10.31940/ijogtra.v4i2.50-57
Ferretti, M., Elgammal, I., Sorrentino, A., & Risitano, M. (2020). Does digital technology improve the visitor experience A comparative study in the museum context. International Journal of Tourism Policy, 10(1), 47. https://doi.org/10.1504/IJTP.2020.10029192
Harjiyatni, F. R. (2001). PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN TERUMBU KARANG DI PESISIR PANTAI KABUPATEN GUNUNG KIDUL (Community Participation in the Preservation of Coral Reef at the Coastal Area of Gunung Kidul Regency, Yogyakarta, Indonesia). Jurnal Manusia Dan Linglatngan, 8(1), 46–60.
Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional , 2(1).
Iqbal, M. Z., & Campbell, A. G. (2021). From luxury to necessity: Progress of touchless interaction technology. Technology in Society, 67. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101796
Kelly, R., Evans, K., Alexander, K., Bettiol, S., Corney, S., Cullen-Knox, C., Cvitanovic, C., de Salas, K., Emad, G. R., Fullbrook, L., Garcia, C., Ison, S., Ling, S., Macleod, C., Meyer, A., Murray, L., Murunga, M., Nash, K. L., Norris, K., … Pecl, G. T. (2022). Connecting to the oceans: supporting ocean literacy and public engagement. Reviews in Fish Biology and Fisheries, 32(1), 123–143. https://doi.org/10.1007/s11160-020-09625-9
Khairunnisa, Muslimsyah, & Nasution, B. (2021). Perancangan Oceanarium di Banda Aceh dengan Penerapan Tema Arsitektur Metafora. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur Dan Perencanaan, 5(2), 30–34.
Kurniawan, A., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2021). Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Kinerja Bank Pembangunan Daerah Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 10(2), 158–181. https://doi.org/10.34010/jika.v10i2.4426
MAQ. (2018, August). Seperti Nyata! inilah 5 Hologram Paling Keren yang Pernah Dibuat !, https://www.youtube.com/watch?v=8_GlLuibb7Q
Oncioiu, I., & Priescu, I. (2022). The Use of Virtual Reality in Tourism Destinations as a Tool to Develop Tourist Behavior Perspective. Sustainability, 14(7). https://doi.org/10.3390/su14074191
Pandiyan, P., Saravanan, S., Usha, K., Kannadasan, R., Alsharif, M. H., & Kim, M.-K. (2023). Technological advancements toward smart energy management in smart cities. Energy Reports, 10, 648–677. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2023.07.021
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2007 Tentang Konservasi Sumber Daya Ikan.
Pratama, A. E. (2022). Analisis Implementasi Program Wisata Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam.
Putri, N. C. (2023, November 6). Program Konservasi Energi di Sektor Industri. https://www.mertani.co.id/post/program-konservasi-energi-di-sektor-industri
Qomariyah, A. N., Nugroho, A. C., & Ifadianto, N. (2021). Perancangan Oceanarium dengan Pendekatan Arsitektur Biomimicry di Lampung. Jurnal Teknologi Dan Inovasi Industri, 15(18). http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/30440
Rumampuk, G. C., Poekoel, V. C., & Rumagit, A. M. (2022). Perancangan Sistem Monitoring Kualitas Udara Dalam Ruangan Berbasis IoT. Jurnal Teknik Informatika, 17(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35793/jti.17.1.2022.34212
Sari, W., Irfandi, & Haiqal, M. (2023). Perancangan Oceanarium di Banda Aceh dengan Pendekatan Arsitektur Biomimetik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur & Perencanaan, 7(4), 175–186.
Suhartapa. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Destinasi Pariwisata. Pringgitan, 2(1).
Tarng, W., Change, M.-Y., Ou, K.-L., Chang, Y.-W., & Liou, H.-H. (2008). The Development of a Virtual Marine Museum for Educational Applications. Journal of Educational Technology Systems, 37(1), 39–59. https://doi.org/10.2190/ET.37.1.d
Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan.
Walcutt, N. L., Knörlein, B., Sgouros, T., Cetinić, I., & Omand, M. M. (2019). Virtual Reality and Oceanography: Overview, Applications, and Perspective. Frontiers in Marine Science, 6. https://doi.org/10.3389/fmars.2019.00644
Wyles, K. J., Pahl, S., White, M., Morris, S., Cracknell, D., & Thompson, R. C. (2013). Towards a Marine Mindset: Visiting an Aquarium Can Improve Attitudes and Intentions Regarding Marine Sustainability. Visitor Studies, 16(1), 95–110. https://doi.org/10.1080/10645578.2013.768077
Zainul M, H., Faisol, A., & Wahid, A. (2022). Penerapan Internet Of Things (Iot) Untuk Monitoring Dan Controlling Ph Air Suhu Air Dan Pemberian Pakan Ikan Guppy Pada Aquarium Menggunakan Aplikasi Whatsapp. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(1), 276–284. https://doi.org/10.36040/jati.v6i1.4519
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sidi Wiraguna, L.M.F Purwanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dan lisensi setiap artikel yang diterbitkan di situs jurnal dipegang penuh oleh penulis artikel dan tidak boleh disalahgunakan, dilipatgandakan, serta dipublikasikan diluar situs SADE untuk kepentingan tertentu tanpa persetujuan dari penulis.