Kajian Bentuk dan Motif Ornamen pada Bangunan Cagar Budaya di Kota Bandung

Studi Kasus : GPIB Bethel Bandung

Penulis

  • Adinda Leoni Osami Musa Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Kania Hasna Zain Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Locita Prajna Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Vanessa Nur Fatimah Azzahra Institut Teknologi Nasional Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29303/sade.v2i2.49

Kata Kunci:

Arsitektur, Bangunan Cagar Budaya, GPIB Bethel Bandung, Ornamen

Abstrak

Setiap bangunan memiliki filosofi dan maknanya tersendiri yang dapat terlihat dari bentuk dan detail elemen - elemen bangunannya. Bentuk bangunan yang unik menjadi nilai arsitektur yang mengundang untuk dipelajari karena terlihat menarik secara visual. Tetapi tak jarang juga nilai arsitektur tersebut dibuat secara tersirat dalam detail - detail arsitektural suatu bangunan. Dari banyaknya peninggalan sejarah di Kota Bandung, GPIB Bethel Bandung merupakan salah satu bangunan bersejarah yang berusia lebih dari 50 tahun. GPIB Bethel termasuk bangunan cagar budaya kelas A. Bangunan cagar budaya adalah bangunan yang secara arsitektural memiliki kekhasan baik dari nilai arsitektural, estetika dan mewakili suatu simbol kebudayaan. GPIB Bethel selain memiliki sejarah tentu juga memiliki nilai arsitektur serta makna yang tersirat dan tersurat di setiap elemen bangunannya. Dalam jurnal ini, dituliskan makna-makna arsitektural pada bangunan GPIB Bethel Bandung yang informasinya didapatkan dari hasil survey ke lokasi serta hasil wawancara kepada pihak GPIB Bethel Bandung. Data yang diperoleh diidentifikasi dan dikaji dengan metode penelitian kualitatif dan deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai makna serta filosofinya.

Referensi

gpibmarkus.org. (2018) Sejarah GPIB. https://gpibmarkus.org/profil/tentang-gpib/sejarah-gpib/.

Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 7 Tahun 2018.(2018), https://peraturanpedia.id/peraturan-daerah-kota-bandung-nomor-7-tahun-2018/.

Pamela, E. N.. (2021). Apakah Bunga Bakung Itu?, https://rec.or.id/apakah-bunga-bakung-itu/.

Kristianti, Yunia. (n.d.). Arti Simbol-Simbol dan Warna dalam Ibadah. https://www.academia.edu/37443374/ARTI_SIMBOL_SIMBOL_DAN_WARNA_DALAM_IBADAH.

Napitupulu, Albertus; Pojoh, Ingrid Harriet Eileen, Supervisor. (2009). BENTUK DAN GAYA GEREJA GPIB BETHEL BANDUNG, https://lib.ui.ac.id/detail?id=127178&lokasi=lokal#.

Kharimah, Anisa Chandra. (2017). Schoemaker dan Jejaknya di Kota Bandung. Seminar Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI 2017). https://www.academia.edu/80372664/Schoemaker_dan_Jejaknya_di_Kota_Bandung.

wisatabdg.com. (2013). Bangunan Art Deco Peninggalan Belanda di Kota Bandung. Bangunan Art Deco Peninggalan Belanda di Kota Bandung (wisatabdg.com).

Galikano, S. (2019). Gereja Bethel, Jejak Pekabaran Injil di Tanah Sunda. https://silviagalikano.com/2019/10/23/gereja-bethel-pekabaran-injilsunda.

BPHN. (2010). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 11 TAHUN 2010 TENTANG CAGAR BUDAYA. https://www.bphn.go.id/data/documents/10uu011.pdf.

Komunitasaleut.com. (2022). MENGENAL BANGUNAN-BANGUNAN CAGAR BUDAYA KOTA BANDUNG BERSAMA KOMUNITAS ALEUT DAN DISBUDPAR KOTA BANDUNG. https://komunitasaleut.com/2022/06/10/mengenalbangunan-bangunan-cagar-budaya-kota-bandung-bersama-komunitas-aleut-dandisbudpar-kota-bandung.

togastola.wordpress.com. (2011). KALENDER GEREJAWI DAN SIMBOL. https://togastola.wordpress.com/2011/11/21/kalender-gerejawi-dan-simbol/.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2023

Cara Mengutip

Osami Musa, A. L., Zain, K. H., Prajna, L. ., & Azzahra, V. N. F. . (2023). Kajian Bentuk dan Motif Ornamen pada Bangunan Cagar Budaya di Kota Bandung : Studi Kasus : GPIB Bethel Bandung. SADE : Jurnal Arsitektur, Planologi Dan Teknik Sipil, 2(2), 78–85. https://doi.org/10.29303/sade.v2i2.49

Terbitan

Bagian

Artikel

Kategori