Identifikasi Karakteristik Penghuni dan Unit Hunian Pada Rusunawa Bulusidokare di Kabupaten Sidoarjo

Penulis

  • Hilda Fachriza Putri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dadoes Soemarwanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Suko Istijanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29303/sade.v3i1.54

Kata Kunci:

rusunawa, karakteristik, penghuni, unit hunian

Abstrak

Pertumbuhan populasi penduduk yang semakin meningkat setiap tahunnya, dapat menimbulkan peningkatan terhadap permintaan kebutuhan tempat tinggal. Oleh karena itu, efisiensi yang dilakukan dalam pemanfaan dan penggunaan lahan di perkotaan dapat dilakukan pembangunan perumahan vertikal, sebagai pilihan untuk menyeselesaikan permasalahan kebutuhan rumah tinggal di lahan yang terbatas, mudah dijangkau oleh masyarakat di Kabupaten Sidoarjo yang memiliki penghasilan menengah ke bawah (MBR). Dalam mengumpulkan data dalam penelitian pada objek Rusunawa Bulusidokare ini yaitu dengan metode pengamatan (observasi) serta metode peninjauan (survey) yaitu dengan wawancara. Untuk mendapatkan data berkaitan dengan unit hunian, menggunakan metode pengamatan (observasi). Sedangkan untuk metode peninjauan (survey objek) yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara tatap muka, guna untuk mendapatkan data terkait dengan karakteristik penghuni rusunawa saat penggunaan unit hunian berdasarkan perilaku penghuni. Karakteristik satuan unit hunian pada Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Bulusidokare Kabupaten Sidoarjo yaitu unit hunian dengan memanfaatkan ruang berdasarkan pemahaman kebutuhan bagi setiap penghuni satu unit hunian rusunawa.

Referensi

Ajeng Febry Hapsari. 2017. Karkteristik Rusunawa Kebondalem Kendal Dengan Perubahan Kondisi Sosial Ekonomi Penghuni. Semarang.

Firdani Alifia Salsabil. 2022. Rusunawa Bulusidokare Kabupaten Sidoarjo. Sidoarjo.

H Mulyandari. 2016. Karakteristik Infrastruktur Rumah Susun di Kota Yogyakarta. Yogyakarta.

Intan Rahmawati. 2018. Identitas Sosial Warga Huni Rusunawa. Malang.

Lestari, dkk. 2017. Bentuk-Bentuk Penyesuaian Ruang Unit Hunian di Rusunawa Kota Pontianak. Pontianak.

Moch. Arifien, Ferani Mulianingsih. 2018. Pola Interaksi Sosial Penghuni Rumah Susun Bandarharjo Sebagai Wujud Konservasi Sosial. Semarang.

Naufal Haidar Ahmada. 2016. Karakteristik Pemanfaatan Ruang di Rumah Susun Kota Semarang (Studi Kasus : Rusunawa Kaligawe, Kecamatan Gayamsari). Semarang.

Putri Herlia Pramitasari, Suryo Tri Harjanto. 2019. Peran Karakteristik Spasial Rumah Susun Umum di Kota Malang Dalam Kerangka Arsitektur Berkelanjutan. Malang.

Selia Faradisa MZ, dkk. 2020. Tipologi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kota Surabaya. Surabaya

Yunita Trilestari, Djaka Marwasta. 2013. Studi Komparasi Karakteristik Kondisi Sosial Ekonomi Penghuni Rusunawa Pekunden dan Bandarharjo Semarang. Semarang.

Zairin Zain. 2015. Karakteristik Unit Hunian dan Penghuni Pada Rumah Susun Sederhana Sewa di Kelurahan Sungai Beliung Kota Pontianak. Pontianak.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Putri, H. F., Soemarwanto, D., & Istijanto, S. (2024). Identifikasi Karakteristik Penghuni dan Unit Hunian Pada Rusunawa Bulusidokare di Kabupaten Sidoarjo. SADE : Jurnal Arsitektur, Planologi Dan Teknik Sipil, 3(1), 25–29. https://doi.org/10.29303/sade.v3i1.54

Terbitan

Bagian

Artikel

Kategori