Studi Mengenai Penghematan Energy Listrik di Area Umum Apartemen Eksekutif Menteng

Penulis

  • Luhut Indra Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Mpu Tantular

DOI:

https://doi.org/10.29303/sade.v1i2.14

Abstrak

Kehidupan kita saat ini sangat tergantung pada kesediaan sumber energi, yang Sebagian besar berasal dari sumber energi fosil baik untuk pembangkit listrik maupun untuk penggunaan lainnya. Keterbatasan sumber energi fosil tersebut menjadi alas an mengapa kita harus menghemat energi. Diketahui bahwa penghematan energi listrik pada bangunan Apartemen dapat dilakukan pada sistim penerangan dan sistim pendingin udara. Dari penelitian dapat ini dapat dilihat bahwa penghematan pada sistim penerangan dapat dilakukan dengan penggantian lampu softone 40 watt menjadi lampu Flourescent (TL) 7 watt. Demikian juga sistim pendingin atau Air Conditioning (AC) dapat diakukan dengan mengurangi waktu operasional AC dan mengganti media pendinginnya. Penelitian ini dilaksanakan pada Apartemen Eksekutif Menteng dengan menganalisa data-data mengenai langka-langkah penghematan energid dari mulai tahun 2008 sampai dengan tahun 2010.

Referensi

Albert T.P, So, W.L Chan and W.L.Tse, Academic Papers Buidling Automation system on the internet. Page 125-131

Best Practices Competition for Energy Efficient Building Asean Energy Award, 2008: Rules and Guidelines of the Board of Judges ASEAN EE&C; pages 13

Best Practices Competition for Energy Efficient Building Asean Energy Award, 2006: Ministry of Energy, Water & Communications Office (LEO) Building Malaysia, A catalyst for energy Efficiency in Malaysia.

Emron Edison, November 2007 : Professional Hotel Engineering untuk Mahasiswa Perhotelan dan Praktisi. Bandung : Alfabeta.

GMT Property Management, 2008 : Property Manager Handbook, Edisi Kedua, Jakarta.

Harso Tri K 1999, Arsitektur : Kemapanan, Pendidikan, Kenyamanan dan Penghematan energi. Jakarta.

Lechner Norbert – Sandriana Siti, 2007 : Heating, Cooling, Lighting Metode Desain untuk Arsitektur, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Rajafindo Persada.

Singarimbun Masri, 1989 : Metode Penelitian Survei, Edisi Kedua. Jakarta : LP3ES.

Kyle Robert C, Marie S Spodek, Floyd M Baird, 2005, Property Management (seventh edition). Chicago : Dear Born Real Estate Education.

Satwiko Prasato, 2005, Arsitektur Sadar Energi Pemanfaatan Komputer dan Internet untuk Merancang Bangunan Ramah Lingkungan. Yogyakarta.:Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

30-10-2021

Cara Mengutip

Indra, L. (2021). Studi Mengenai Penghematan Energy Listrik di Area Umum Apartemen Eksekutif Menteng. SADE : Jurnal Arsitektur, Planologi Dan Teknik Sipil, 1(2), 69–80. https://doi.org/10.29303/sade.v1i2.14

Terbitan

Bagian

Artikel

Kategori